Tuesday, June 12, 2012

Rangkaian Robot Visilife


Visilife


Dinamai Visilife yang merupakan singkatan dari very simple light follower. Sesuai namanya, robot mungil ini bergerak menuju sumber cahaya atau mengikuti arah sumber cahaya. Bahan yang digunakan untuk membuatnya sangat sedikit dan murah karena memang robot ini dirancang sebagai media pembelajaran robotika bagi pemula.
Visilife membutuhkan tegangan hanya 3V yang didapat dari 2 buah batere ukuran AA. Batere dipasang pada tempat batere yang sekaligus menjadi rangka utama robot. Dua motor DC yang digunakan adalah yang biasa dipakai pada tatakan (tray) penggerak DVD atau VCD. Harganya pun sangat murah.
Prinsip kerjanya seperti saklar cahaya. Sensor cahaya dioda-foto diletakkan dan diatur menyerupai antena pada serangga, jika ada cahaya terang yang mengenainya maka menyebabkan arus yang melalui motor mengalir sehingga motor berputar dan robot pun bergerak.
Mudah, kan? Tertarik untuk membuatnya? Para ayah bisa membuat bersama anak-anaknya, atau para kakak bisa membuat bersama adik-adiknya, kemudian bermain bersama :)
Silakan unduh di sini jang atau di sini boy panduannya. Ayo,
beli
buat sendiri robotmu!


sumber :: http://kampungrobot.net


5 comments:

  1. salam kenal kak,
    ada manfaat dari visilife? kalau ada apa semua?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. manfaatnya sangat terasa bagi pemula,..
      karena simple dan mudah dibuat,..
      manfaatnya lebih ke proses kita membuat dan menganalisa robot itu,.

      Delete
  2. komponen yg dibutuhkan apa aja ya gan ?

    ReplyDelete
  3. Apakah sudah ada yang mencoba membuat robot VISILIFE ini?

    ReplyDelete