Saturday, May 5, 2012

Booster TV Sederhana

Booster TV Sederhana adalah rangkaian yang dapat digunakan untuk memperkuat sinyal RF dari antena televisi bekerja pada frekuensi UHF dalam kisaran 450-800MHz. Ini memiliki keuntungan sekitar 10dB dan cocok untuk meningkatkan sinyal TV yang lemah.
Rangkaian Booster TV Sederhana terdiri dari induktor disetel 15nH dan beresonansi 2.2pF kapasitor di tengah dari band UHF. 2.2pF kapasitor dapat ditukar untuk 4.7pF atau kapasitor trimmer 2-6pF untuk meningkatkan hasil. Respon frekuensi perkiraan ditampilkan di bawah. N.B. Ini merupakan respon simulasi menggunakan program TINA diproduksi dengan menggunakan masukan 20uV menyapu rentang frekuensi 400-800MHz. Output diukur menjadi sumber 1k dan frekuensi generator memiliki impedansi 75ohm.

Kumparan adalah setengah membungkuk pergantian 18-20 kawat tembaga SWG sekitar setengah inci. Hal ini memastikan T rendah dan tuning karena luas. Bekerja pada frekuensi tinggi memerlukan teknik konstruksi khusus untuk menghindari ketidakstabilan (osilasi yang tidak diinginkan) yang disebabkan oleh umpan balik dari output ke input. Veroboard tidak cocok untuk proyek ini sebagai kapasitansi antara trek adalah sekitar 0.2pF. Pendekatan yang lebih baik adalah dengan menggunakan tag-strip atau PCB. Sirkuit harus tertutup dalam wadah logam dan layar dibuat antara input dan output. Sebagai transistor digunakan dalam mode dasar umum, impedansi input rendah adalah cocok untuk kabel coax 50-75 ohm, sementara pada saat yang sama memberikan gain tegangan penuh pada batas frekuensi atas perangkat. Beban induktor 15nH, memiliki  impedansi hubung singkat di DC, memiliki impedansi 56ohms di 600MHz. Induktansi   ini membentuk kapasitor 2.2pF pada rangkaian  di kolektor transistor, memberikan keuntungan maksimum di resonansi.
Dengan demikian, untuk memperkuat daya tangkap dari sinyal lemah memang perlu adanya Booster TV Sederhana.

No comments:

Post a Comment