Tuesday, May 8, 2012

Rangkaian Pembangkit Melodi

Rangkaian Pembangkit Melodi. Dunia elektronika selalu seiring sejalan dengan kebutuhan manusia. Hampir semua sisi kehidupan manusia selalu menyertakan revolusi dalam dunia elektronika. Maka hidup menjadi terasa lebih mudah dan nyaman dengan adanya peralatan-peralatan elektronika. Salah satunya adalah adanya generator melody atau pembangkit bunyi / nada.
Rangkaian Pembangkit Melodi  bisa diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan. Bisa untuk bel pintu, mainan anak-anak TK, bahkan penjaja makanan/minuman keliling kompleks perumahan sehingga tak perlu repot teriak-teriak menjajakan dagangannya.


Bila Anda ingin membuatnya, berikut ini adalah komponen-komponen yang diperlukan :
R1 = 4,7K
C1 = 0,1uF
Q1 = HE8050S
IC = UM66
Beterei = 1,5 – 4,5 Volt
Speaker
Saklar
Catatan :
* Power supply harus antara 1.5V – 4.5V. Jangan melebihi 4,5 V.
* Speaker dapat digerakkan dengan transistor NPN eksternal.
* Jika transistor HE8050S tidak tersedia bisa menggunakan transistor NPN seperti BC548 atau 2N2222.
Rangkaian ini adalah Rangkaian Pembangkit Melodi sederhana yang menggunakan IC UM66. IC CMOS dirancang untuk digunakan dalam dering bel, telepon dan mainan. Ia memiliki bangunan dalam program ROM untuk memainkan musik. Perangkat ini memiliki konsumsi daya sangat rendah. Terima kasih untuk teknologi CMOS. Melodi akan tersedia di pin3 dari UM66 dan di sini diperkuat dengan menggunakan Q1 untuk mendorong speaker. Resistor R1 membatasi arus basis Q1 dalam nilai-nilai yang aman. Kapasitor C1 dimaksudkan untuk menekan kebisingan/noise.

No comments:

Post a Comment