Tuesday, May 15, 2012

Rangkaian HiFi Headphone Amplifier

Headphone, sebuah benda yang tidak asing lagi bagi Anda penikmat musik. Dengar kata headphone, pasti deh bayangan Anda akan ingat dengan sosok DJ dan penyiar radio yang tak lepas dari headphone.
Headphone mulai digunakan pada awal abad ke-20, tapi teknologinya terus berkembang sampai sekarang. Penggunaanya pun bukan hanya sebatas untuk mendengarkan musik.
Headphone adalah perangkat pelengkap suara yang banyak disukai orang, meski ada kontroversi karena dapat menyebabkan kerusakan pada telinga. Namun, dengan adanya alat ini, sekarang kita dapat mendengarkan musik atau lainnya dengan kualitas bagus, tanpa harus menggangu orang lain di sekitar.
Gambar Skema Rangkaian HiFi Headphone Amplifier

LM4880 adalah IC ganda HiFi audio amplifier IC dari  Nasional Semiconductors. IC ini dirancang khusus untuk menghasilkan output audio berkualitas tinggi dengan jumlah minimum komponen. LM4880 mampu memberikan 250mW per channel kepada speaker 8 ohm. IC memiliki THD 0,1% dan memiliki berbagai suplai tegangan dari 2,7 sampai 5 Volt DC.
Dalam rangkaian yang ditunjukkan di atas, resistor R1 dan R2 adalah resistor umpan balik. C4 dan C5 adalah input DC kapasitor decoupling. Kapasitor C3 mengadakan penyaringa  power supply dan dengan demikian mengurangi kebisingan. Penguat secara otomatis shut down ketika sebuah logika tinggi diberikan ke pin shutdown (pin 5).
Berbagai headphone diciptakan dengan teknologinya. Dari yang berbentuk kecil hanya menempel di lobang telinga (earphone) sampai tanpa kabel dengan teknologi Bluetooth.

No comments:

Post a Comment