Tuesday, May 8, 2012

Rangkaian Alarm Laser

Rangkaian Alarm Laser adalah alarm sistem laser seperti yang kita lihat di berbagai film. Ini menggunakan pointer sinar laser untuk mengamankan properti dan barang berharga Anda. Pada dasarnya, ketika sorotan akan terganggu oleh binatang, orang atau objek, resistansi dioda akan meningkat dan alarm akan diaktifkan. Laser dan penerima dapat dipasang di kotak yang sama, berbagi catu daya. Cermin digunakan untuk mengarahkan sinar dalam pengaturan yang Anda butuhkan.
Bila Anda berminat dan tertarik untuk membuat Rangkaian Alarm Laser  untuk sistem keamanan di rumah atau kantor Anda, di bawah ini kami sajikan gambar skemanya. Rangkaiannya cukup simpel, komponen yang dibutuhkan pun tidak banyak sehingga bisa diletakkan di PCB kecil.

Daftar komponen :
R1 = 470 Ohm
R2 = 33K
R3 = 10K
R4 = 10K
C1 = 10uF
C2 = 100nF
IC1 = TL072
P1 = 500K
Lain-lain :
BPW34 / SFH203
Dalam Rangkaian Alarm Laser kita menemukan op-amp TL072 (IC1.A) dikonfigurasi sebagai komparator tegangan antara tegangan referensi yang diberikan oleh pembagi tegangan disesuaikan P1/R4 dan tegangan yang tergantung cahaya yang diberikan oleh pembagi tegangan yang terdiri dari D1 fotodioda dan  resistor tetap R3. Ketika sinar laser terganggu, tegangan pada pin 2 pembanding turun di bawah pada pin 3 menyebabkan output ke ayunan untuk tegangan suplai positif dan menunjukkan kondisi bahaya. Sinyal ini dapat mengendarai sirine, komputer atau lampu yang diharapkan akan mencegah penyusup (pencuri/perampok).
Copyright: Elektor Electronics Magazine

No comments:

Post a Comment