Saturday, May 5, 2012

Rangkaian Pendeteksi Gerak

Rangkaian Pendeteksi Gerak. Sebuah detektor gerak adalah perangkat elektronik yang berisi mekanisme fisik atau sensor elektronik yang mengkuantifikasi gerakan dan waspada setiap kali ada kehadiran objek yang bergerak dalam bidang pandang. Sinar infra merah yang dipantulkan dari objek statis akan berada di satu fase, dan sinar yang dipantulkan dari objek yang bergerak akan berada dalam fase yang lain.
Rangkaian ini menggunakan IC NE555 sebagai jantung dari sistem. IC1 (NE555) sebagai multivibrator astabil. Dioda IR terhubung pada output dari IC ini menghasilkan frekuensi sinar inframerah 5KHz. NE555 adalah kontroler sangat stabil mampu menghasilkan pulsa waktu yang akurat. Dengan operasi monostable, waktu tunda ini dikendalikan oleh satu resistor eksternal dan satu kapasitor.


Di atas adalah gambar skema Rangkaian Pendeteksi Gerak inframerah yang dapat digunakan untuk gangguan akal. Sinar infra merah yang dipantulkan dari objek statis akan berada di satu fase, dan sinar yang dipantulkan dari objek yang bergerak akan berada dalam fase yang lain. Rangkaian ini menggunakan prinsip tadi untuk merasakan gerakan.
Adapun cara kerja Rangkaian Pendeteksi Gerak adalah sebagai berikut. IC1 (NE 555) adalah multivibrator astabil. Dioda IR terhubung pada output dari IC ini menghasilkan sinar inframerah berfrekuensi 5KHz. Pada kondisi normal, yaitu, ketika tidak ada intrusi output pin (7) dari IC2 akan rendah. Ketika ada penyusupan fase dari bentuk gelombang yang dipantulkan memiliki perbedaan fasa dan perbedaan fase akan dijemput oleh IC2 itu. Sekarang pin 7 dari IC 2 naik untuk menunjukkan gangguan itu. LED atau buzzer yang dapat dihubungkan pada output dari IC untuk menunjukkan gangguan itu dengan suara (bunyi).

sumber : http://rangkaianelektronika.net

No comments:

Post a Comment