Saturday, May 5, 2012

Rangkaian Stereo Hi-Fi Mungil

Rangkaian Stereo Hi-Fi Mungil. Memang akhir-akhir ini ada kecenderungan untuk meminimkan peralatan-peralatan hi-fi. Sekarang sudah bukan jamannya untuk berdisko dengan musik yang berdentam hingar bingar, dan sekarang mulai menyukai lagi musik ringan, manis, atau berat tapi enak di telinga. Sekarang tampak bahwa produsen-produsen stereo hi-fi sedang giat merancang produk hi-fi yang mungil, yang mudah dibawa (portable) dan mudah ditempatkan dimanapun dalam ruangan. Hi-fi compo adalah salah satu produk yang populer dan  banyak penggemarnya dan sangat cocok untuk seorang karyawan, mahasiswa, atau pelajar yang kost atau kontrak. Mutu suara yang dihasilkan tidak kalah jika dibandingkan dengan perangkat hi-fi besar. Apalagi satu hi-fi compo terdiri dari komponen-komponen hi-fi yang lengkap sehingga kita akan dapat menikmati sajian hi-fi yang benar-benar memuaskan.
Ingat pepatah yang mengatakan ‘small is beautiful’ yang artinya mungil itu indah. Tapi itu semua untuk yang dompetnya tebal. Bagi yang makan saja pas-pasan, paling-paling hanya bisa numpang dengar di rumah teman. Apa daya? Untungnya kita adalah seorang yang hobby elektronika. Kita akan menyisihkan sedikit uang untuk merakit perangkat stereo mungil yang dapat digolongkan hi-fi. Di bawah ini adalah rangkaian stereo hi-fi mungil.

Sistem ini terdiri dari preamp dapat kita pilih akan dipasang sebagai penguat ekualisasi tape head, penguat pick-up, penguat mic ataupun hanya sebagai pra penguat linear. Kemudian tingkat selanjutnya terdiri dari alat-alat pengatur level sinyal atau volume, pengatur nada bass dan treble, dan pengatur keseimbangan kanal stereo atau balance. Pada tingkat terakhir merupakan penguat daya yang akan menggerakkan serta mengemudikan speaker agar dapat mengeluarkan sinyal suara.
Demikian rangkaian stereo hi-fi mungil telah kami sajikan, selamat berkarya dan semoga berhasil.

sumber : http://rangkaianelektronika.net

No comments:

Post a Comment